Maksimalkan Belajar Bahasa Inggris Kamu dengan Kecerdasan Ganda


Sebagian besar orang-orang, tidak terkecuali orang tua kita, menganggap bahwa kepandaian merupakan milik orang-orang yang ber IQ tinggi. Ketika kita tidak pandai dalam bidang matematika atau fisika, kita tidak sadar mengecap diri kita bodoh, seperti halnya tatkala kita mempelajari bahasa Inggris lantaran kita merasa kesulitan mencerna sajian materi bahasa Inggris.


Setiap orang, termasuk sobat sendiri, adalah cerdas. Katakan pada diri kamu sendiri sekarang, 'saya cerdas.' Ulangi sekali lagi dengan suara lebih lantang, 'saya cerdas.'

Mungkin ada sedikit keraguan dalam benak kamu, 'kalau saya cerdas, kenapa hingga saat ini saya belum menguasai bahasa Inggris?

Hal ini mungkin terjadi salah satunya karena kamu belum mengetahui potensi kelebihan dan kecerdasan kamu sehingga belum memanfaatkannya secara maksimal untuk mempelajari bahasa Inggris.

Setiap orang pada umumnya memiliki kecerdasan setidaknya hal inlah yang dikatakan seorang profesor dari universitas Harvard.

Kecerdasan Majemuk Bahasa Inggris
Kecerdasan Majemuk Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Howard Gardner, seorang professor psikologi dari universitas Harvard, Amerika Serikat telah mengidentifikasi tujuh kecerdasan yang berbeda. Teori ini diperoleh dari hasil penelitian kognitif dan "mencatat bahwa para pembelajar memiliki beragam porsi kecerdasan dan oleh karena itu, mempelajari, mengingat, melakukan, dan memahami sesuatu dengan cara yang berbeda pula," menurut Gardner (1991).

Berdasarkan teori ini disebutkan bahwa kita semua dapat mengerti dan mempelajari sesuatu melalui tujuh kecerdasan yang meliputi: ruang visual, kinestetis badani, musikal, interpersonal, intrapersonal, linguistik, logika dan matematika. Seriring perkembangan, lambat laun kecerdasan ini menjadi sembilan kecerdasan. Kecerdasan-kecerdasan ini dinamakan kecerdasan ganda atau dalam bahasa Inggris disebut multiple intelligence.


Sebelum sobat membaca catatan saya lebih lanjut, jawablah dan tanyakan pada diri sobat beberapa pertanyaan berikut:


  1. Apakah saya perlu menuliskan setiap kata baru bahasa Inggris agar saya bisa melihat dan tahu bagaimana ejaan ataupun pengucapan kata tersebut?
  2. Apakah menyentuh suatu benda membantu saya lebih mudah mengingat nama kata benda tersebut dalam bahasa Inggris?
  3. Apakah saya mudah menebak dan tahu arti dari kata-kata bahasa Inggris dengan mendengar perbedaan pengucapan dan intonasi kata-kata tersebut?
  4. Apakah saya lebih suka berdiskusi serta mempelajari bahasa Inggris bersama teman-teman saya?
  5. Apakah saya lebih suka belajar bahasa Inggris sendiri tanpa bantuan orang lain?
  6. Apakah saya senang mendengarkan kata-kata penjelasan pengajar bahasa Inggris saya dan membuat catatan?
  7. Apakah saya tertarik dengan tata bahasa dan bagaimana sebuah kalimat tersusun dalam pola tenses bahasa Inggris?
  8. Apakah saya lebih suka mempelajari bahasa Inggris di luar ruangan kelas dan mengerjakan projek?
  9. Apakah saya tahu apa motivasi dan kenapa saya perlu belajar bahasa Inggris?


Setelah kamu menjawab ke sembilan pertanyaan di atas, kamu setidaknya akan  mengetahui dan mengenal kecerdasan yang paling dominan yang ada di dalam diri kamu, kamu bisa memanfaatkannya dan memaksimalkannya untuk mempelajari bahasa Inggris.

Berikut ini kita melihat sedikit lebih dekat ke sembilan kecerdasan dan bagaimanakah memanfaatkannya untuk mempelajari bahasa Inggris.


Kecerdasan Ruang Visual

Para pembelajar dengan kecerdasan ini memiliki kepekaan dalam mengamati apa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka suka menggambar, memecahkan masalah teka-teki, membaca peta, serta berimaginasi.

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 1, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan ruang visual, kamu dapat belajar bahasa Inggris melalui beragam media visual. Alat bantu dan pendukung belajar bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan mencakup model, grafik, tabel, foto, gambar, model 3-dimensi, video, konferensi video, televisi, multimedia, teks yang disertai gambar, tabel ataupun grafik.


Kecerdasan Kinestetis Badani

Kecerdasan pembelajar yang satu ini mempunyai kepekaan akan tubuh mereka. Mereka suka melakukan gerakan, membuat aneka benda, dan menyentuh sesuatu. Mereka berkomunikasi dengan baik melalui bahasa tubuh, gerakan tangan, mimik wajah dan sebagainya.

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 2, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan kinestetis badani, kamu dapat belajar bahasa Inggris melalui aktivitas fisik, pembelajaran langsung, memerankan karakter, bermain peran. Alat bantu dan pendukung belajar bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan mencakup beragam perangkat dan benda nyata di sekitar kamu.


Kecerdasan Musikal

Pembelajar tipe ini memiliki sensitivitas dan kesukaan akan musik, tidak hanya itu mereka juga peka terhadap suara di sekeliling mereka. Mereka dapat belajar lebih baik dengan  latar belakang alunan musik.

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 3, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan musikal, kamu dapat belajar bahasa Inggris melalui lirik lagu dengan menyanyikannya, kata-kata berirama, ketukan berirama. Alat bantu dan pendukung belajar bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan mencakup peralatan musik, radio, stereo, CD dan multimedia.


Kecerdasan Interpersonal

Para pembelajar dengan kecerdasan ini belajar melalui interaksi dengan orang lain. Mereka memiliki banyak teman, empati untuk orang lain, mengenal orang di sekitarnya dengan baik.

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 4, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan interpersonal, kamu dapat belajar bahasa Inggris melalui kegiatan kelompok, seminar, dialog. diskusi. Alat bantu dan pendukung belajar bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan mencakup telepon, audio conferencing, waktu dan perhatian dari pengajar, konferensi video, menulis, jaringan komputer, E-mail.


Kecerdasan Intrapersonal

Para pembelajar ini cenderung malu dan menghindar orang banyak. Mereka selaras dengan perasaan batin mereka; mereka memiliki kebijaksanaan, intuisi dan motivasi, serta kemauan kuat, rasa percaya, dan pendapat. Mereka adalah pembelajar yang paling mandiri dibandingkan pembelajar lainnya.

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 5, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan intrapersonal, kamu dapat belajar bahasa Inggris secara otodidak dan menakar kemampuan secara mandiri. Alat bantu dan pendukung belajar bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan mencakup buku, materi kreatif, buku harian, waktu untuk menyediri.


Kecerdasan Linguistik

Para pembelajar dengan kecerdasan ini memiliki keterampilan bahasa yang bagus dan sering berpikir dalam kata-kata. Mereka suka membaca, bermain dengan kata-kata, menulis puisi atau mengarang cerita.

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 6, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan lingustik, kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan mendorong diri sendri untuk berkata dan melihat kata-kata, membaca buku bersama. Alat bantu dan pendukung belajar bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan mencakup komputer, game, multimedia, buku, tape recorder, dan ceramah.


Kecerdasan Matematika Logis

Para pembelajar tipe ini berpikir secara konseptual, abstrak dan mampu melihat dan mengeksplorasi pola dan keterkaitan. Mereka suka bereksperimen, memecahkan teka-teki, mengajukan pertanyaan kosmik.

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 7, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan logika matematika, kamu dapat belajar bahasa Inggris melalui pola kalimat, rumus-rumus struktur bahasa Inggris, soal-soal tata bahasa Inggris. Untuk mendukung proses belajar, kamu perlu mencermati apa yang kamu amati seperti kata, frasa, kalimat lalu membentuk konsep, atau sering dikatakan rumus-rumus, sebelum kamu dapat menjabarkannya, mencermatinya dan akhirnya menerapkannya.


Kecerdasan Lingkungan

Pembelajar tipe ini, disebut juga kecerdasan naturalistik, memiliki sensitivitas dan kepekaan akan lingkungan, flora dan fauna, tidak hanya itu mereka juga peka terhadap kondisi di sekeliling mereka. Mereka dapat belajar lebih baik dengan  latar belakang alam terbuka dibanding di ruang tertutup.

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 8, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan naturalistik, kamu dapat belajar bahasa Inggris melalui alam baik itu di halaman, di sawah, atau pergi berkemah, bertamasya ke alam terbuka, berinteraksi dengan tumbuhan dan binatang.


Kecerdasan Eksistensial

Pembelajar dengan kecerdasan ini memiliki sensitivitas dan kemampuan untuk merespon segala persoalan terdalam dalam  diri mereka dan hubungannya. Mereka dapat belajar lebih baik dengan menggali lebih .

Apabila jawaban kamu ya untuk pertanyaan no 9, kamu bisa dikatakan termasuk pembelajar dengan kecerdasan exsistensial, kamu dapat memaksimalkan belajar bahasa Inggris dengan menggali lebih dalam motivasi dan tujuan kamu.


Beberapa kecerdasan yang disinggung di atas merupakan kelebihan dan kecerdasan yang dimiliki masing-masing individu. Tatkala kamu, seorang pembelajar musikal, belajar bahasa Inggris mengikuti ala pembelajar logika matematika yang mengandalkan konsep dan pola seperti menghafalkan rumus. Maka, kemungkinan kamu akan mengalami kesulitan untuk memahaminya.

Setiap individu bisa saja memiliki satu, dua, tiga atau lebih kecerdasan yang lebih dominan. Dengan memanfaatkan satu atau lebih kecerdasan ini, kita akan dapat meningkatkan kecerdasan lainnya. Dari kecerdasan inilah menuntun kita pada Gaya Belajar Bahasa Inggris. Alhasil, kita dapat mengerti dan mencerna sajian materi bahasa Inggris dengan lebih mudah.


Demikianlah sobat langit biru, catatan singkat mengenai memaksimalkan belajar bahasa Inggris dengan kecerdasan majemuk. Kiranya catatan ini dapat sedikit memberi manfaat untuk belajar bahasa Inggris.

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa kembali dengan catatan lainnya.


Referensi:

https://www.teachingenglish.org.uk/article/multiple-intelligences (Accessed 2018-04-20)
http://www.tecweb.org/styles/gardner.html (Accessed 2018-04-20)
https://www.cornerstone.edu/blogs/lifelong-learning-matters/post/what-are-multiple-intelligences-and-how-do-they-affect-learning (Accessed 2018-04-20)
https://learnenglish.britishcouncil.org/en/business-magazine/multiple-intelligences (Accessed 2018-04-20)


2 Responses to "Maksimalkan Belajar Bahasa Inggris Kamu dengan Kecerdasan Ganda"

  1. Saya termasuk orang yang sedikit kesulitan dalam mempelajari bahasa asing. Terimakasih gan sudah share ilmunya, saya akan coba praktekan belajar bahasa inggris dengan multiple intelligent ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. My pleasure, mas Heru Satria. I believe you can do it.

      Delete

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel