Metode Pengajaran Bahasa Inggris yang Setidaknya Kamu Tahu


Saat sobat membaca judul artikel ini, mungkin terbersit di benak sobat pertanyaan; apakah kita perlu mengetahui metode pembelajaran bahasa Inggris? Jawabannya bisa ya, bisa pula tidak.


Tidak, kalau memang kamu tidak ingin terlalu memusingkan materi bahasa Inggris apa yang disajikan dan bagaimana penyajian oleh pengajar bahasa Inggris kamu ketika mempelajari bahasa Inggris.

Ya, kalau kamu saat ini sedang mempetimbangkan untuk memilih sebuah kursus bahasa Inggris atau sekolah atau universitas dan ingin mengetahui metode pengajaran yang diterapkan oleh pengajar bahasa Inggris kamu nantinya.

Atau mungkin, kamu ingin menjadi seorang guru bahasa Inggris dan sedang mencari metode pengajaran yang sesuai dengan kamu nantinya.
Metode Pengajaran Bahasa Inggris
Metode Pengajaran Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Kendati mungkin jawaban kamu 'tidak' lantaran kamu sudah terlanjur membaca artikel, tidak ada ruginya, kamu meneruskan membaca sepintas apa saja metode dasar pengajaran bahasa Inggris.

Berikut, kita akan menelusuri dasar dari beberapa metode dasar pengajaran bahasa Inggris yang diterapkan dengan beberapa pendekatan. Pendekatan pengajaran dan belajar bahasa Inggris di bawah ini bisa saja memiliki penyebutan atau istilah lainnya.

1. Pendekatan Tata Bahasa

Pendekatan yang satu ini merupakan salah satu metode pengajaran bahasa Inggris yang paling dikenal, terutama di dalam lingkup akademik, mungkin pula sudah sangat akrab di telinga banyak pembelajar bahasa Inggris di Indonesia. Dari sinilah mungkin lahirnya rumus-rumus tata bahasa bentuk kalimat seperti rumus tenses.

Metode yang satu ini bisa dikatakan berhasil apabila pengajarnya berbicara bahasa yang sama dengan bahasa yang digunakan oleh para pembelajarnya. Dengan kata lain, jika para pembelajarnya adalah penutur bahasa Indonesia, maka pengajarnya pun harus bisa berbicara bahasa Indonesia. Jadi pengajar penutur asli bahasa Inggris tidak cocok untuk mengajar bahasa Inggris dengan metode yang satu ini.

Tata bahasa Inggris diajarkan secara konsep dalam bahasa yang dituturkan oleh para siswanya, dalam hal ini bahasa Indonesia. Konsep tersebut dijelaskan dengan contoh kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Kemudian pengajar tersebut mencari padanan kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia.

Dalam pendekatan ini, pengajaran bahasa Inggris menekankan pada tata bahasa Inggris. Para pembelajar diberikan soal-soal latihan dalam bentuk susunan bentuk kalimat bahasa Inggris.

Selain itu, pembelajar bahasa Inggris diperkenalkan sejumlah kosa kata bahasa yang memadai agar nantinya mereka dapat secara mandiri menggunakan kata-kata tersebut dalam susunan kalimat bahasa Inggris yang sesuai tata bahasa Inggris.

Siapa saja yang sesuai dengan metode ini?

Pendekatan tata bahasa ini paling cocok untuk kamu, para pembelajar bahasa Inggris yang bahasa memiliki tata bahasa yang sangat berbeda dengan bahasa Inggris. Pengajar kamu harus memiliki pemahaman yang kuat tentang bahasa Inggris itu sendiri, dan aturan tata bahasa dari bahasa pertama kamu, yaitu bahasa Indonesia.


2. Pendekatan Alami

Pendekatan pembelajaran bahasa Inggris ini menekankan pada cara yang paling alamiah dalam mempelajari sebuah bahasa, apapun bahasanya, yaitu dengan cara mendengarkannya.

Seperti halnya tatkala kita menguasai bahasa Indonesia. Sebelum kita bisa berbicara bahasa Indonesia sewaktu anak-anak, kita lebih dahulu mendengarkan kata-kata bahasa Indonesia dari orangtua kita atau orang-orang sekitar kita, jauh sebelum kita belajar membaca ataupun menulis.

Metode alami ini serupa. Dengan kata lain, pendekatan yang diambil adalah dengan mendengarkan bahasa Inggris dan tidak berkonsentrasi pada bacaan dan tulisan bahasa Inggris hingga para pembelajar mencapai tingkat kemampuan berbicara bahasa Inggris yang memadai.

Dalam praktiknya, metode pengajaran bahasa Inggris yang satu ini melibatkan dialog antara pengajar dan para pembelajar. Pada awalnya pengajar menunjukkan beberapa alat peraga mengajar yang merujuk pada kata-kata bahasa Inggris yang akan diperdengarkan pada para pembelajar bahasa Inggris.

Setelah cukup mendengar, para pembelajar diminta untuk menuturkan kata-kata tersebut secara mandiri. Dari kata-kata tersebut, mereka berangsur mengerti kosakata dan tata bahasa dasar dengan mendengarkan dan berbicara bahasa Inggris, dibandingkan dengan membaca dan menulis kata-kata bahasa Inggris. Dalam memberikan instruksi atau penjelasan, pengajar sebaiknya tidak menuliskan apa yang dikatakan dan membiarkan penjelasan dan instruksi ada dalam dialog.

Untuk tujuan mencatat, para pembelajar diperbolehkan menulis kata-kata bahasa Inggris dalam bahasa mereka.

Siapa saja yang sesuai dengan metode ini?

Metode pengajaran alami ini merupakan pendekatan yang paling baik digunakan untuk sobat, yang berusia muda, karena sangat erat kaitannya dengan cara dan pengalaman kamu dulu pada umumnya belajar bahasa Indonesia. Pedekatan ini juga cocok untuk kamu, para pembelajar yang bahasa pertamanya dan sistem penulisan yang berbeda dengan bahasa Inggris, seperti bahasa Indonesia.

Dengan cara ini, sobat dapat berkonsentrasi pada belajar bahasa dalam bentuk yang paling alamiah daripada menambah porsi kebingungan dengan mempelajari ejaan atau tulisan kata-kata bahasa Inggris.


3. Pendekatan Hanya Bahasa Inggris

Pendekatan hanya bahasa Inggris adalah salah satu pendekatan paling langsung untuk mengajar sebuah bahasa. Untuk pendekatan ini, baik pengajar maupun pembelajar harus berbicara bahasa Inggris selama proses belajar mengajar. Semua instruksi dan bahasa pengantar di dalam kelas diujarkan hanya dalam bahasa Inggris saja.

Kosakata atau ungkapan bahasa Inggris sebaiknya diperkenalkan terlebih dahulu, karena bagian ini yang paling mudah dipahami oleh para pembelajar. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan alat peraga visual.

Begitu pembelajar mulai menguasai kosakata, pengajar dapat mulai memperkenalkan kata-kata abstrak dan komponen bahasa, tetapi tanpa menjelaskan atau berfokus pada struktur tata bahasa yang sebenarnya. Tata bahasa akan dipelajari secara tidak langsung, yaitu dengan memahami pola kalimat melalui latihan, dan praktek menggunakan kalimat bahasa Inggris saja.

Di setiap akhir kelas, dapat ada sesi tanya jawab di mana para pembelajar diperbolehkan untuk bertanya pada pengajar tentang materi bahasa Inggris hari itu. Pada sesi ini para pembelajar berkesempatan untuk bertanya dan memastikan apa yang mereka mengerti sebelumnya selaras dengan

Siapa saja yang sesuai dengan metode ini?
Metode ini berfungsi paling baik untuk situasi di mana pengajar  bahasa Inggris kamu tidak berbicara sama dengan bahasa yang dituturkan sobat, bahasa Indonesia. Pendekatan ini juga ideal untuk situasi di mana kamu dan teman-teman kamu sesama pembelajar bahasa Inggris  yang tidak menggunakan bahasa yang sama, mungkin ada yang berbahasa Belanda, Jepang, Perancis dan bahasa lainnya. Dengan cara ini, hambatan dan kendala bahasa antara sesama teman-teman kamu dapat diatasi. Alhasil, kamu dan teman-teman kamu akan berusaha dan berupa sebisa mungkin untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.


4. Pendekatan Menerjemahkan

Pendekatan menerjemahkan sedikit mirip dengan pendekatan tata bahasa. Hanya saja pendekatan ini lebih menekankan pada struktur atau pola bahasa Inggris dibandingkan dengan bahasa yang digunakan pembelajar, yaitu bahasa Indonesia.

Pendekatan ini sebaiknya diajarkan oleh pengajar yang bisa berbicara bahasa yang sama dengan bahasa yang dituturkan pembelajar, bahasa Indonesia dan seyogyanya semua pembelajar juga harus memiliki kemampuan dan tingkat bahasa asli, bahasa Indonesia, yang sama.

Bahasa Inggris diajarkan sebagai mata pelajaran seperti pelajaran lainnya, dengan bagian bahasa yang beragam seperti kosakata, tata bahasa, sintaksis, berbicara, membaca, dan menulis bahasa Inggris yang difokuskan setiap hari. Metode ini akan memanfaatkan penggunaan kartu, di mana pembelajar dapat menulis kosakata bahasa Inggris dan konsep tata bahasa Inggris di satu sisi pada kartu, dan kemudian menerjemahkan kosakata bahasa Inggris dan konsep tata bahasa Inggris tersebut di bagian sisi belakang kartu ke dalam bahasa Indonesia.

Pertanyaan dan soal harus disuguhkan, pertama-tama dalam bahasa yang digunakan para pembelajar, bahasa Indonesia dan kemudian, terakhir dialihbahasakan dalam bahasa Inggris seutuhnya. Ceramah dapat menjadi metode pengajaran utama selama kelas berlansung, dimana para pembelajar diperbolehkan dan didorong untuk bertanya.

Siapa saja yang sesuai dengan metode ini?

Metode ini paling cocok diperuntukkan buat kamu pembelajar bahasa Inggris yang memandang bahasa Inggris untuk tujuan akademis, dan bukan sekedar minat atau hanya sekedar tahu bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa Inggris.

Berbicara, membaca, dan menulis bahasa Inggris akan diberikan prioritas dan porsi yang sama. Demikian pula aturan dan tata bahasa tetap disajikan untuk pendekatan yang lebih alami. Bahasa Inggris pada pendekatan ini disuguhkan secara akademis seperti halnya bidang pelajaran lainnya. Oleh karena itu, pendekatan ini sangat sesuai untuk kamu, para pembelajar yang menyukai sesuatu yang bersifat akademis.


5. Pendekatan Langsung

Pendekatan langsung adalah salah satu cara terbaik untuk mempelajari bahasa Inggris lebih cepat dibandingkan pendekatan lainnya. Pendekatan belajar bahasa Inggris ini cocok bagi kamu pembelajar bahasa Inggris dewasa yang mampu bepergian ke sebuah negara berbahasa Inggris.

Apabila sobat ingin belajar bahasa Inggris dengan pendekatan ini, kamu bahkan tidak perlu mendaftar diri di kursus bahasa Inggris atau sekolah atau universitas - yang mereka perlukan hanyalah sumber dana yang cukup dan perlengkapan perjalanan yang memadai untuk pergi keluar negeri.

Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris Britania, pergi ke negara Inggris sangat dianjurkan. Sementara bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris Amerika, berangkat ke negara Amerika Serikat bisa menjadi pilihan prioritas.

Namun, bagi kamu pembelajar yang ingin belajar bahasa Inggris dengan program akademis yang lebih tertata dan sistematis, ada program yang ditawarkan beberapa kursus bahasa Inggris, sekolah atau universitas seperti home stay, pertukaran program, pertukaran pelajar, studi banding dan beberapa program sejenis lainnya.

Kendati demikian, pendekatan ini tidak harus melalui jalur akademik. Kamu melancong di sebuah negara berbahasa Inggris tinggal di sana dan mempelajari bahasa Inggris secara langsung merupakan cara paling cepat menguasai bahasa Inggris. Kamu akan dikelilingi oleh beragam media televisi, radio, atau media lainnya dalam bahasa Inggris dan kontak langsung dengan penutur asli bahasa Inggris. Hal ini merupakan cara terbaik untuk menstimulasi berpikir dalam bahasa Inggris dan lepas dari kebiasaan berpikir dalam bahasa Indonesia.

Siapa saja yang sesuai dengan metode ini?

Sobat yang memiliki sumber dana dan perlengkapan yang memadai untuk bepergian ke luar negeri dan tinggal di negara tersebut cukup lama untuk meningkat pemahaman serta keterampilan yang dalam tatkala menggunakan bahasa Inggris.


Kesimpulan

Dengan mengetahui beragam metode pendekatan pengajaran bahasa Inggris, kamu setidaknya mengerti apabila pengajar bahasa Inggris kamu adalah penutur asli ataupun bukan penutur asli dengan latar belakangnya, maka kamu dapat menakar apakah metode pengajaran yang diterapkan senada dengan kebutuhan dan harapan kamu akan belajar bahasa Inggris.

Demikianlah sobat langit biru, catatan singkat mengenai metode dasar pengajaran bahasa Inggris. Kiranya catatan ini dapat sedikit memberi manfaat untuk belajar bahasa Inggris.

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa kembali dengan catatan lainnya.


Referensi:

http://esl.fis.edu/teachers/support/method.htm (Accessed 2018-04-21).
https://blog.tjtaylor.net/teaching-methods/ (Accessed 2018-04-21).
http://nechodimnaprednasky.sk/nahlad-prednasky/2848/english-language-teaching-methodology (Accessed 2018-04-21).


0 Response to "Metode Pengajaran Bahasa Inggris yang Setidaknya Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel