Pengucapan Akhiran -ed Kata Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu


Sebagian besar para pemula pembelajar bahasa Inggris mengenal akhiran -ed yang biasanya melekat pada kata kerja beraturan bentuk past. Namun tidak hanya itu, kita juga mendapati kata-kata lainnya dengan akhiran -ed pada kata kerja beraturan bentuk particple atau dikenal kata kerja bentuk ketiga, Kata Sifat Bahasa Inggris, atau kata yang berfungsi seperti kata sifat.


Misalnya, kamu bisa temukan pada beberapa kalimat berikut

The book I bought yesterday really bored my sister.
The book I bought yesterday really has bored my sister.
My brother is bored with the book.

Bagaimanakah sobat tadi membaca beberapa kalimat bahasa Inggris di atas, terutama kata-kata yang bercetak tebal? Apakah kamu tadi membaca kata-kata tersebut dengan bunyi /ɪd/?

Pada umumnya para pemula pembelajar bahasa Inggris, demikian pula saya dulu, sering kali mengucapkan akhiran -ed seperti yang tertulis pada kata-kata bahasa Inggris tersebut, misalnya kata helped dibaca dengan /helpɪd/.

Padahal tidak semua kata-kata bahasa Inggris berakhiran -ed dilafalkan dengan bunyi /ɪd/, tapi juga dilafalkan dengan bunyi lainnnya.
Pengucapan Akhiran ed Bahasa Inggris
Pengucapan Akhiran ed Bahasa Inggris - langitbirukata.com


Seperti yang telah saya singgung di atas, akhiran -ed  yang melekat pada kata-kata bahasa Inggris tidak semuanya selalu dilafalkan dengan bunyi /ɪd/.

Pada umumnya, tatkala kita mengucapkan kata-kata bahasa Inggris bentuk past dan bentuk participle yang berakhiran -ed, kita mengucapkannya dengan tiga bunyi berbeda yaitu bunyi:

/t/, /d/, dan /ɪd/

Berikut ini kita akan menelusuri satu persatu dari ketiga bunyi tersebut dan kata-kata bahasa Inggris yang mana saja serta bagaimana cara mengidentifikasi kata-kata tersebut yang termasuk dalam  pengucapan bunyi:

/t/

Apabila akhiran -ed yang melekat pada kata-kata bahasa Inggris berakhiran bunyi Konsonan Tak Bersuara, atau voiceless consonant, tapi tidak termasuk bunyi /t/, yaitu meliputi bunyi:

/p/, /t/, /k/, dan /f/

Maka akhiran -ed yang melekat pada kata-kata berakhiran bunyi konsonan tak bersuara tersebut kamu lafalkan dengan bunyi /t/.

Sobat bisa mendapati contoh kata kata berakhiran bunyi konsonan tak bersuara atau voiceless consonants , tapi tak termasuk /t/ pada kata-kata bahasa Inggris, misalnya, drop, help, shop, ask, look, talk, puff dan sniff.

Lebih jelas, pelafalan kata-kata berakhiran -ed pada kata-kata berakhiran bunyi konsonan tak bersuara di bawah ini.
Ejaan 
Pengucapan
Arti



Dropped
/drɑːpt/
Turunkan
Helped
/helpt/
Membantu
Stopped
/stɑːpt/
Berhenti
Asked
/æskt/
Bertanya
Looked
/lʊkt/
Melihat
Talked
/tɑːkt/
Bicara
Puffed
/pʌft/
Terengah
Sniffed
/snɪft/
Mengendus



/d/

Apabila akhiran -ed yang melekat pada kata-kata bahasa Inggris berakhiran bunyi Konsonan Bersuara, atau voiced consonants, tidak termasuk bunyi /d/, yaitu meliputi bunyi:

/b/, /d/, /g/, /l/, /r/, /w/, /m/, /n/, /v/, dan /y/

Maka akhiran -ed  yang melekat pada kata-kata berakhiran bunyi konsonan tak bersuara tersebut kamu lafalkan dengan bunyi /d/.

Kamu bisa mendapati contoh kata-kata berakhiran bunyi konsonan tak bersuara atau voiceless consonants pada kata-kata bahasa Inggris, misalnya, absorb, disturb, grab, hug, lag, plug call, cancel, answer, refer, allow, review, harm, perform, ban, open, approve, save, destroy dan enjoy.

Lebih jelas, pelafalan kata-kata berakhiran -ed pada kata-kata berakhiran bunyi konsonan bersuara di bawah ini.
Ejaan 
Pengucapan
Arti



Absorbed
/əbˈzɔːrbd/
Menyerap
Disturbed
/dɪˈstɝːbd/
Menganggu
Grabbed
/ɡræbd/
Mengambil
Hugged
/hʌɡd/
Naungan
Lagged
/læɡd/
Tertinggal
Plugged
/plʌɡd/
Menyumpal
Called
/kɑːld/
Menelpon
Cancelled
/kæn·səld/
Menunda
Answered
/æn·sərd/
Menjawab
Referred
/rɪˈfɜːrd/
Merujuk
Allowed
/əˈlɑʊd/
Membiarkan
Reviewed
/rɪˈvjud/
Meninjau
Harmed
/hɑːrmd/
Merugikan
Performed
/pɚˈfɔːrmd/
Tampil
Banned
/bænd/
Melarang
Opened
/oʊ·pənd/
Membuka
Approved
/əˈpruːvd/
Disetujui
Saved
/seɪvd/
Menyimpan
Destroyed
/dɪˈstrɔɪd/
Menghancurkan
Enjoyed
/ɪnˈdʒɔɪd/
Menikmati


/ɪd/

Apabila akhiran -ed yang melekat pada kata-kata bahasa Inggris berakhiran bunyi /t/ dan /d/, maka akhiran -ed yang melekat pada kata-kata berakhiran bunyi /t/ dan /d/ tersebut kamu lafalkan dengan bunyi /id/.

Kamu bisa mendapati contoh kata-kata berakhiran bunyi bunyi /t/ dan /d/ pada kata-kata bahasa Inggris, misalnya, educate, interest, start, want, avoid, guide, mind, dan need.

Lebih jelas, kamu dapat amati bagaimana pelafalan kata-kata berakhiran -ed pada kata-kata berakhiran bunyi bunyi /t/ dan /d/ di bawah ini.
Ejaan 
Pengucapan
Arti



Educated
/edʒ·əˌkeɪtɪd/
Terdidik
Interested
/ɪn.trɪs.tɪd/
Tertarik
Started
/stɑːrtɪd/
Mulai
Wanted
/wɑːn.tɪd/
Dicari
Avoided
/əˈvɔɪdɪd/
Menghindar
Guided
/ɡaɪdɪd/
Dipandu
Minded
/maɪndɪd/
Pikiran
Needed
/niː.dɪd/
Membutuhkan

Ringkasnya, akhiran -ed ada kata-kata bahasa Inggris tidak semuanya diucapkan dengan bunyi /id/, tapi juga dengan dua bunyi lainnya.

Demikianlah catatan singkat mengenai cara membaca kata bahasa Inggris yang berakhiran -ed dalam bahasa Inggris dipandang dari ragam pelafalan, kata-kata apa saja yang termasuk. Semoga kiranya catatan ini menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih telah meluangkan waktu sobat untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa kembali dengan catatan-catatan lainnya.


0 Response to "Pengucapan Akhiran -ed Kata Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang sesuai kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel