Advertisement Here

Seputar Kata Kerja Bahasa Inggris yang Sepatutnya Kamu Tahu


Jika kamu memiliki sebuah gerobak tanpa roda yang penuh berisi buah-buahan yang akan dibawa ke rumah tetangga berjarak hanya 5 meter, apakah kamu bisa membawa buah buahan itu dengan gerobak tersebut?

Jawabannya mungkin bisa, tapi kamu harus menyeretnya atau mendorong gerobak itu dengan bersusah payah dan upaya yang lebih. Ceritanya mungkin akan berbeda apabila kamu memasang rodanya lebih dahulu pada gerobak tersebut.


Gambaran di atas merupakan sebuah ilustrasi yang menggambarkan cara kita berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Buah-buahan yang ada di dalam gerobak tersebut mewakili pesan atau maksud yang ingin kita utarakan pada lawan bicara kita.

Dengan kata lain, gerobak mewakili sebuah subjek dalam sebuah kalimat. Sementara roda mewakili sebuah predikat dalam sebuah kalimat, sedangkan tetangga mewakili sebagai lawan bicara kita atau pembaca tulisan kita.

Kata Kerja Bahasa Inggris
Kata Kerja Bahasa Inggris - langitbirukata.com


Tanpa predikat, dalam hal ini kata kerja, kita mungkin bisa saja menyampaikan pesan atau maksud kita kepada orang lain, tapi kita akan mengalami kesulitan karena gerobak tanpa roda, kita tentunya akan melalui jalan yang penuh guncangan.

Dengan kata lain, kita memerlukan kata kerja dalam setiap kalimat bahasa Inggris.. Dan dengan kata kerjalah akan memudahkan kita membawa buah-buahan (pesan kita) kepada tetangga kita (lawan bicara kita).

Kata kerja adalah jantungnya sebuah kalimat.

Jadi, keberadaan kata kerja itu penting karena tanpa kata kerja tidak akan terbentuk sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh.


Namun, pada prakteknya, kebanyakan para pemula pembelajar bahasa Inggris seringkali mengabaikan keberadaan kata kerja dalam kalimat bahasa Inggris mereka, meskipun banyak dari mereka mengerti pentingnya adanya kata kerja.

misalnya.

Don't afraid.
Jangan takut.

I will presentation about education.
Saya akan presentasi tentang pendidikan.

She can English well.
Dia bisa bahasa Inggris dengan baik.

My father angry to me.
Ayahku marah pada ku.

Beberapa contoh kata-kata di atas sepintas, dilihat dari artinya, tidak ada yang keliru, tapi seperti yang saya singgung di atas, kita tidak mendapati adanya kata kerja dalam deretan kata di atas.

Kata kerja acapkali disalah artikan oleh pemula pembelajar bahasa Inggris sebagai kata yang hanya merujuk pada kegiatan fisik semata.

Apakah memang demikian? Agar lebih mengenal lebih dekat kata kerja, sobat sebaiknya membaca catatan saya berikut ini.


Pengertian

Seperti pengambaran di atas, kata kerja atau dalam bahasa Inggris disebut verb adalah sebuah kata yang melukiskan suatu aksi, keadaan atau kejadian, yang memegang peran utama dalam membentuk predikat dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Kata kerja dalam penggunaannya, baik ketika kamu menggunakannya dalam tulisan maupun ujaran, memiliki beragam bentuk dan ukuran yang meliputi:

Kata Kerja Penghubung dan Kata Kerja Aksi
Kata Kerja Utama dan Kata Kerja Bantu
Kata Kerja Beraturan dan Kata Kerja Tidak Beraturan
Kata Kerja Transitif dan Kata Kerja Inransitif

Selanjutnya, kita akan menelusuri masing-masing dari jenis kata kerja ini.


Jenis-Jenis Kata Kerja

Kita mulai dari yang pertama. Menurut makna dan fungsinya dalam kalimat bahasa Inggris, kata kerja bahasa Inggris mencakup:

Kata Kerja Penghubung dan Kata Kerja Aksi


Kata Kerja Penghubung

Kata Kerja Penghubung, atau dalam bahasa Inggris disebut linking verb, senada dengan dengan nama kata kerja ini, adalah suatu kata kerja yang mempunyai peran untuk menghubungkan subjek dan kata-kata lainnya serta menyiratkan sebuah keadaan atau kondisi dari suatu subjek dalam kalimat bahasa Inggris tersebut, misalnya,

She is at home.
Dia di rumah.

Kata is pada contoh kalimat di atas berfungsi menghubungkan subjek she dan kata-kata lainnya yaitu at home.


Kata Kerja Aksi

Kata Kerja Aksi, atau dalam bahasa Inggris disebut action verb, merupakan salah satu nama dari ragam nama kata kerja yang secara spesifik mengambarkan apa yang diperbuat atau dilakukan subjek, misalnya,

She sleeps at home.
Dia tidur di rumah.

Kata sleeps di atas merupakan jenis kata kerja yang mengambarkan apa yang dilakukan oleh subjek, dalam hal ini She.


Selanjutnya, berdasarkan keutamaan peran dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, kata kerja bahasa Inggris mencakup:

Kata Kerja Utama dan Kata Kerja Bantu


Kata Kerja Utama

Kata Kerja Utama dalam bahasa Inggris disebut main verb atau lexical verb atau juga dikenal principal verb. Kata kerja utama adalah sebuah kata kerja yang memegang peran utama dan penting , baik itu tingkat kata atau frasa verba, dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, misalnya,

She is sleeping in her room.
Dia sedang tidur di kamarnya.

Kata sleep dengan akhiran ing di atas merupakan kata kerja yang berperan utama dalam membentuk frasa verba is sleeping karena itu kata sleep adalah kata kerja utama .


Kata Kerja Bantu

Kata Kerja Bantu, atau dalam bahasa Inggris disebut helping verb adalah, senada dengan namanya, jenis kata kerja ini berperan membantu kata kerja utama membentuk sebuah konstruksi frasa verba dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, misalnya dengan contoh kalimat sebelumnya,

She is sleeping in her room.
Dia sedang tidur di kamarnya.

Kata is di atas merupakan kata kerja yang membantu kata kerja utama, sleep-ing membentuk frasa verba is sleeping. karena itu kata is dalam konteks ini adalah kata kerja bantu.


Berikutnya, berdasarkan keberaturan dalam bentuk atau penulisan kata kerja bahasa Inggris, kata kerja bahasa Inggris mencakup:

Kata Kerja Beraturan dan Kata Kerja Tidak Beraturan

Kata Kerja Beraturan

Kata Kerja Beraturan dalam bahasa Inggris dikenal regular verb. Kata kerja beraturan adalah sebuah kata kerja yang penulisanya atau pembentukannya mengikuti pola tertentu dalam membentuk kata kerja beragam tenses misalnya,

She sleeps in her room
Dia biasanya tidur di kamarnya.

Kata sleeps di atas merupakan kata kerja beraturan dalam kalimat present tense karena penulisannya cukup mengikuti pola akhiran s atau es.


Kata Kerja Tidak Beraturan

Kata Kerja Tidak Beraturan dalam bahasa Inggris disebut irregular verb. Kata kerja tidak beraturan adalah sebuah kata kerja yang penulisanya atau pembentukannya tidak mengikuti pola tertentu dalam membentuk kata kerja beragam tenses. Dengan kata lain, kamu harus menghafalkan penulisannya, misalnya,

She slept in her room
Dia tadi tidur di kamarnya.

Kata slept di atas merupakan bentuk kata kerja past dari kata sleep. penulisannya tidak mengikuti pola akhiran ed.


Berikutnya, berdasarkan keterkaitannya dengan objek dalam kalimat bahasa Inggris, kata kerja bahasa Inggris mencakup:

Kata Kerja Transitif dan Kata Kerja Intransitif

Kata Kerja Transitif

Kata Kerja Transitif, atau dalam bahasa Inggris dikenal transitive verb, adalah sebuah kata kerja yang mengandung arti memindahkan kegiatan atau aksi dari subjek ke objek. Dengan kata lain, kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek untuk membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh.

Misalnya,

The boat sleeps four comfortably.
Perahu tersebut menampung empat penumpang dengan nyaman.

Kata sleeps di atas merupakan kata kerja yang membutuhkan objek untuk menjadi kalimat yang utuh.


Kata Kerja Intransitif

Kata Kerja Intransitif, atau dalam bahasa Inggris dikenal intransitive verb, adalah sebuah kata kerja yang tidak memindahkan kegiatan, aksi dari subjek ke objek. Dengan kata lain, kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek untuk membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris yang utuh.

Misalnya,

She sleeps very soundly.
Dia tidur sangat nyenyak.

Kata sleeps di atas merupakan kata kerja yang tidak membutuhkan objek untuk menjadi kalimat yang utuh.

Singkatnya, pastikan kalimat bahasa Inggris kamu mengandung predikat, dalam hal ini adalah kata kerja. Tanpa kata kerja atau predikat, kalimat bahasa Inggris menjadi salah karena kalimat kamu belum utuh.

Jadi, seharusnya dalam kata-kata di atas, kita menambahkan kata kerja sehingga menjadi kalimat bahasa Inggris yang utuh.

Don't be afraid.
Jangan takut.

I will give a presentation about education.
Saya akan presentasi tentang pendidikan.

She can speak English well.
Dia bisa bahasa Inggris dengan baik.

My father is angry to me.
Ayahku marah pada ku.


Demikian catatan singkat seputar kata kerja dalam bahasa Inggris. Terima kasih atas waktu sobat untuk membaca artikel ini. Saya berharap dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.


0 Response to "Seputar Kata Kerja Bahasa Inggris yang Sepatutnya Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel